Apakah Sudah Siap Untuk Mengikuti Marathon?

Apakah Sudah Siap Untuk Mengikuti Marathon?

Juni 12, 2019
admin
ISMC.CO.ID Banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa lari marathon akan menjadi sebuah olahraga berisiko tinggi jika target menyelesaikan sebuah marathon adalah semata-mata karena gengsi.

Sebelum berpikir untuk mengikuti sebuah lari marathon, seorang pelari harus benar-benar mempersiapkan fisik dan mentalnya. Jika hanya bermodalkan keberanian dan sepatu lari, maka ada banyak sekali risiko kesehatan yang dapat terjadi.

Secara tak disadari sebenarnya tidak semua orang punya fisik cukup fit untuk dapat mengikuti dan menyelesaikan sebuah lari marathon. Lari marathon memerlukan Anda untuk memiliki kapasitas paru-paru dan jantung yang kuat untuk mengambil dan menggunakan oksigen, dan juga membuang asam laktat ke dalam aliran darah agar dapat dibuang dari tubuh Anda.

Asam laktat merupakan sisa metabolisme dari pembakaran oksigen sebagai energi tubuh. Semakin besar pula energi yang dihasilkan dari metabolisme tubuh untuk digunakan dalam berlari, maka semakin besar pula kadar asam laktat dalam darah.

Tubuh yang tidak terlatih, tidak dapat mentoleransi metabolisme yang cukup tinggi tersebut yang berujung pada penumpukan asam laktat yang tidak diimbangi dengan metabolisme tubuh untuk memecahnya.

Ketika suasana tubuh menjadi terlalu asam akibat ketidakseimbangan metabolisme ini maka keadaan ini disebut sebagai asidosis. Pada keadaan asidosis, Anda akan kehilangan orientasi, sulit melihat, sulit bernapas, jantung berdebar, kelelahan hebat dan bahkan sakit kepala.

Apabila tidak ditangani dengan tepat maka asidosis dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti batu ginjal bahkan gagal ginjal.

Jika Anda ingin mengikuti marathon, adalah bijak untuk melakukan latihan persiapan dengan benar dan sesuai dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan Anda terlebih dulu sebagai pencegahan risiko komplikasi atau cedera olahraga yang mungkin terjadi saat berlari.

ISMC memiliki Program Sports Performance dan Injury Screening untuk Anda yang sedang mempersiapan Marathon.

No comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *