Corporate Wellness Program

Untitled-3

Karyawan adalah aset terbesar yang dimiliki oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu, memiliki karyawan yang sesuai kualifikasi, sehat dan juga produktif merupakan strategi penting untuk memenangkan persaingan global.

Dengan demikian, saat ini setiap perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk menciptakan suatu budaya kerja yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Corporate Wellness Program ISMC

Corporate Wellness Program ISMC pada dasarnya merupakan suatu program yang menggalakkan penerapan gaya hidup sehat pada karyawan dan juga keluarganya melalui berbagai program edukasi kesehatan serta program intervensi nutrisi dan aktivitas fisik.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat sehingga perilaku hidup sehat dapat tercapai dan pada akhirnya menurunkan biaya perawatan kesehatan. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat tidak hanya bagi karyawan, tetapi juga bagi perusahaan.

Manfaat

Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan penerapan Corporate Wellness Program ISMC, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan

    dan kualitas hidup karyawan

  • Meningkatkan etos kerja

    dan kepuasan karyawan

  • Menurunkan angka

    ketidakhadiran kerja

  • Meningkatkan

    produktivitas

  • Menurunkan biaya

    perawatan kesehatan

  • Meningkatkan semangat

    kerja karyawan

  • Meningkatkan citra baik

    perusahaan

  • Menurunkan angka kecelakaan

    dan pergantian karyawan

  • Meningkatkan pengetahuan

    dan perilaku hidup sehat di antara para karyawan sehingga berbagai masalah kesehatan karyawan dapat diatasi

Tahapan Corporate Wellness Program ISMC

stages

Langkah awal yang paling mendasar dalam memulai corporate wellness program yang sukses adalah mendapatkan dukungan dari manajemen tingkat tinggi. Hal ini sangat penting untuk membantu sosialisasi program ini di antara kalangan karyawan dengan tingkatan yang lebih rendah.

Forming the Welness Committee

The Wellness Committee adalah suatu tim yang terdiri dari berbagai unsur dan mencakup staf manajemen tingkat tinggi, staf bagian Sumber Daya Manusia (Human resource and development / HRD), serta perwakilan dari berbagai satuan kerja karyawan. Pembentukan komite atau panitia kecil ini merupakan bukti nyata dari komitmen seluruh unsur perusahaan untuk berperan aktif dalam menjalankan dan mengembangkan programCorporate Wellness ini.

The Wellness Committee akan mengadakan pertemuan rutin untuk menyusun rencana kerja, mendiskusikan perubahan kebijakan-kebijakan perusahaan yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan program ini, serta bersama-sama mengevaluasi jalannya program ini secara keseluruhan.

The Assessments

The Corporate Assessment
The Individual Interest Survey
The Comprehensive Medical Assessments
The Corporate Assessment

The corporate assessment merupakan analisis terhadap kondisi perusahaan saat ini, baik dalam hal kondisi sistem organisasi dan budaya kerja perusahaan, maupun dalam hal kondisi lingkungan kerja, yang selanjutnya mungkin dapat dimanfaatkan untuk membangun budaya gaya hidup sehat di perusahaan tersebut.

The Individual Interest Survey

Data dasar lain yang juga sangat penting diketahui untuk dapat mengembangkan corporate wellness program yang sesuai adalah data mengenai minat dan ketertarikan para karyawan mengenai berbagai aspek gaya hidup sehat.

The Comprehensive Medical Assessments

Dalam Corporate Wellness Program ISMC, pemeriksaan kesehatan yang ditawarkan bersifat menyeluruh dan oleh karenanya terdiri dari 3 bagian besar, yaitu:

1. Health risk assessment
Dengan menjawab berbagai pertanyaan terkait dengan perilaku dan kondisi, serta riwayat kesehatan karyawan, dapat dinilai besarnya risiko untuk mengalami berbagai masalah kesehatan.
2. Know Your Number
Berbagai data pemeriksaan laboratorium terkait akan digunakan untuk menilai kondisi kesehatan karyawan saat ini dengan lebih akurat.
3. Fitness assessment
Pemeriksaan terhadap berbagai aspek kebugaran fisik yang penting bagi kesehatan akan melengkapi gambaran mengenai kondisi kesehatan karyawan saat ini. Hasil pemeriksaan kebugaran ini juga akan menjadi parameter yang sangat penting untuk memonitor dampak dari Corporate Wellness Program yang diterapkan. Komponen pemeriksaan kebugaran fisik yang akan diperiksa antara lain terdiri dari komposisi tubuh, kelenturan tubuh, kekuatan dan daya tahan otot, serta daya tahan jantung-paru.

The Implementation

The education
Creative Intervention
Monitoring and Evaluation
The education

Berbagai topik mengenai gaya hidup sehat akan disampaikan kepada seluruh karyawan melalui seminar interaktif, poster dan juga melalui buletin elektronik (e-newsleter) yang akan disebarkan setiap bulannya.

Creative Intervention

Sebelum kita dapat menciptakan berbagai kegiatan untuk menggalakkan gaya hidup sehat, akan dilakukan analisis terlebih dahulu terhadap berbagai kegiatan yang telah berjalan saat ini. Setelah itu, berbagai kegiatan yang menarik akan dikembangkan untuk meningkatkan partisipasi karyawan dalam seluruh program ini.

Monitoring and Evaluation

Proses pengawasan dan evaluasi terhadap hasil yang dicapai maupun proses pelaksanaan seluruh program akan dilakukan secara rutin untuk menjaga agar program berjalan sesuai dengan rencana awal yang ditetapkan.
Berbagai hal yang dapat dijadikan sebagai parameter keberhasilan program antara lain adalah:

  • Tingkat partisipasi karyawan
  • Tingkat kepuasan karyawan dalam mengikuti program
  • Peningkatan sikap, pengetahuan dan penerapan gaya hidup sehat
  • Perubahan berbagai parameter kebugaran fisik dan kesehatan
  • Perubahan faktor risiko kesehatan
  • Perubahan budaya kerja perusahaan
  • Produktivitas kerja karyawan
  • Return on investment

Buka Setiap Hari

Hubungi Kami Sekarang*