Penyebab Nyeri Pinggang Belakang (Low back pain)

Penyebab Nyeri Pinggang Belakang (Low back pain)

Juni 21, 2019
admin
ISMC.CO.ID –¬†Nyeri pinggang adalah salah satu kondisi umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri pinggang dapat dialami oleh semua orang dalam usia produktif hingga lansia. Nyeri pinggang dapat berasal dari:

  1. Tulang dan Sendi (osteoporosis, fraktur, HNP, scoliosis, dll)
  2. Otot (muscle sprain, kram)
  3. Organ Dalam (batu ginjal, nyeri haid, dll)
  4.  Psikologis

Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:
Proses degenerative/penuaan, penyakit Inflamasi, osteoporosis, trauma/cedera/kecelakaan, kelainan bawaan, tumor, dan infeksi.

Gejala pada nyeri pinggang dapat berupa rasa sakit yang datang dan pergi, sendi yang terasa kaku atau sulit digerakkan dan rasa tegang.

Nyeri pinggang yang melibatkan saraf yang terjepit disebut sebagai nyeri radikular dan memiliki gejala seperti nyeri yang menjalar ke kaki atau jari kaki, rasa baal dan kesemutan, dan kelemahan motorik pada tungkai.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko nyeri pinggang seperti:
Usia, berat badan, pekerjaan, aktivitas, olahraga, postur tubuh yang buruk, dan mengangkat beban berat.

Penatalaksanaan pada nyeri pinggang pun bervariasi tergantung dari jenis nyeri dan sumber penyebab nyerinya. Penatalaksanaan dapat dimulai dari modifikasi aktivitas dan postur tubuh, terapi obat-obatan, terapi fisik (olahraga, stretching, exercise), fisioterapi, pemakaian orthosis atau korset lumbal, hingga operasi.

Oleh karena itu, kenalilah gejala nyeri pinggang dan sumber penyebabnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan terapi yang tepat.

Penulis : dr. Hendy Hidayat, Sp.OT

No comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *