Tubuh Butuh Cairan Saat Berlari

Tubuh Butuh Cairan Saat Berlari

Juni 12, 2019
admin
ISMC.CO.ID – Ada yang pernah mengalami dehidarasi ketika berlari? Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan. Jika Anda mengalami dehidrasi berarti Anda kekurangan cairan.

Urusan cairan jangan dianggap enteng. Sudah banyak korbannya. Bahkan ada juga yang sampai sekarang belum sembuh total akibat dehidrasi tingkat tinggi (dehidrasi tingkat dewa).

Pada dasarnya, asupan cairan sangat penting. Baik sebelum maupun sesudah berlari. Hal ini untuk menghindari pelari agar tidak mengalami dehidrasi dan kelelahan. Pelari yang mengalami dehidrasi bisa terjadi kram otot, pusing dan penurunan tingkat energi.

1. Sebelum Berlari
Idealnya, tubuh Anda harus berada dalam keadaan ‘euhidrasi’ (kadar cairan tubuh yang seimbang) ketika sebelum lari. Tujuannya agar sistem tubuh seimbang, tidak kekurangan atau kelebihan cairan.

Sebelum berlari baiknya mengonsumsi sekitar 500 ml cairan, dua sampai tiga jam sebelum lari dan sekali lagi 250 ml, 15 menit sebelum acara.

2. Ketika Berlari
Ketika berlari, usahakan minum cairan yang cukup untuk menggantikan keringat yang keluar selama berlari. Aturan praktis yang baik adalah mengonsumsi cairan sekitar 0,5 liter untuk setiap jam latihan. Dari 0,5 liter ini, Anda bisa membagi menjadi empat bagian dan minum setiap 15 menit sekali.

Tetapi untuk latihan yang berlangsung lebih dari satu jam, tubuh juga membutuhkan sekitar 30-60 gram karbohidrat per jam. Anda bisa membuat minuman olahraga sendiri, seperti air lemon buatan rumah, dengan gula dan sedikit garam.

3. Setelah Berlari
Proses kehilangan keringat dan kehilangan urine berlanjut dalam fase pemulihan. Disarankan mengonsumsi 1-1,5 liter cairan untuk setiap liter keringat yang hilang.

Pelari setidaknya harus minum 150-200ml air pada saat 2 jam sebelum berlari dan tetap minum setiap 15-20 menit selama berlari.

No comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *