V02 Max Examination

Pemeriksaan Vo2Max direct merupakan pemeriksaan yang paling akurat dalam menentukan level kebugaran jantung dan paru dalam melakukan aktivitas fisik dengan intensitas maksimal (American College of Sports Medicine).

Aktivitas fisik ini dilakukan dengan menggunakan sepeda statis atau treadmill dimana latihan dimulai dengan intensitas yang paling ringan dan terus meningkat sampai intensitas maksimal. Jumlah oksigen yang digunakan oleh tubuh diukur dengan berbagai metode.

Sebaiknya metode pengukuran Vo2max dilakukan sesuai dengan jenis olahraga yang ditekuni oleh orang tersebut untuk memperoleh hasil yang akurat dikarenakan tubuh beradaptasi (baik system pernapasan, kekuatan otot, metabolism) spesifik terhadap olahraga tersebut.

Pengambilan oksigen maksimal / maximal oxygen uptake (Vo2max) didefinisikan sebagai nilai maksimal dimana oksigen masih dapat diambil, didistribusikan, dan digunakan oleh tubuh saat intensitas aktivitas fisik mencapai maksimal.

V melambangkan volume yang digunakan per menit,

O2 melambangkan oksigen,

Max melambangkan aktivitas fisik saat intensitas maksimum.

cosmos

Nilai Vo2Max yang tinggi ditentukan oleh fungsi yang baik dari ketiga system tubuh yaitu:

Direct Vo2Max Test di ISMC

Tes Vo2Max di ISMC menggunakan treadmill H/P Cosmos® dan Cortex® Software. Prosedur pemeriksaan dikerjakan oleh tenaga medis profesional dengan aman. Klien akan mendapatkan report dari pemeriksaan Vo2Max beserta rekomendasi latihan untuk meningkatkan nilai Vo2Max sesuai target yang diinginkan.

Prosedur Pemeriksaan Direct Vo2Max di ISMC

  • Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan treadmill h/p cosmos®  dengan Cortex® Software
  • Klien akan diminta untuk menggunakan breathing mask yang mengukur jumlah oksigen (O2) yang dihirup dan jumlah karbon dioksida (CO2)yang dihembuskan
  • Kemudian klien akan diminta untuk menggunakan harness pada bagian dada sampai punggung untuk prosedur keamanan, sehingga apabila klien terpeleset saat berlari, treadmill akan otomatis berhenti dan harness juga berfungsi untuk mencegah klien untuk terjatuh saat berlari.
  • Klien kemudian akan diminta melakukan fase pemanasan di atas treadmill yang akan berlanjut menjadi fase tes dimana kecepatan treadmill akan terus meningkat sampai klien tidak mampu berlari lagi. Fase latihan maksimum inilah yang disebut sebagai Vo2Max.
  • Setelah selesai, akan diperoleh nilai Vo2Max dan juga akan dilampirkan jenis-jenis latihan fisik yang direkomendasikan untuk meningkatkan nilai Vo2M ax mencapai target individual.
cortex vo2max3

Apa Kata Mereka..

Buka Setiap Hari

Hubungi Kami Sekarang*